Jenis-Jenis Rumah

Jenis-Jenis Rumah – Rumah termasuk salah satu kebutuhan primer bagi umat manusia. Setiap manusia pasti membutuhkan tempat tinggal untuk berlindung dari panas terik matahari maupun hujan. Tanpa berlindung di dalam rumah maka manusia akan mudah terkena sakit. Agar tidak mudah sakit ini maka manusia harus tinggal di dalam rumah entah apakah itu harus menyewa kost, kontrak rumah, ikut nebeng gratis di rumah karib kerabat, atau memiliki rumah sendiri.


Rumah bisa digolongkan ke dalam beberapa jenis tergantung kategorinya. Berdasarkan nilai jual sebuah rumah, jenis rumah bisa digolongkan ke dalam tiga jenis, yaitu: rumah mewah, rumah menengah, dan rumah sederhana. Menurut Permenpera (Peraturan Menteri Perumahan Rakyat) No. 10/2012, rumah mewah diartikan sebagai rumah komersial yang memiliki nilai jual lebih besar empat kali dari rumah sederhana. Sedangkan rumah menengah memiliki pengertian sebagai rumah yang mempunyai nilai jual lebih besar dari satu sampai empat kali nilai jual rumah sederhana. Adapun jenis rumah yang terakhir adalah rumah sederhana mempunyai pengertian sebagai rumah yang dibangun di atas kavling tanah dengan luas antara 60 m2 sampai dengan 200 m2 dan luas lantai bangunan minimal 36 m2 dengan nilai jual sesuai ketentuan dari pemerintah. Jenis rumah yang terakhir inilah merupakan rumah untuk kalangan masyarakat yang mempunyai tingkat ekonomi lemah. Sedangkan rumah mewah biasa dimiliki oleh orang-orang kaya yang memiliki banyak uang.

Menurut Permenpera pasal 9 bahwa pengertian dari hunian yang berimbang yaitu dalam membangun kawasan perumahan atau pemukiman yang dibangun secara berimbang dengan komposisi tertentu. Proporsi rumah sederhana, rumah menengah, dan rumah mewah yaitu sekurang-kurangnya 3:2:1. Permenpera ini memiliki tujuan untuk menjamin tersedianya rumah sederhana, rumah menengah, dan rumah mewah bagi masyarakat sehingga dapat menciptakan kerukunan antar berbagai golongan masyarakat dari berbagai profesi, tingkat ekonomi dan status sosial di masyarakat.

Bagi Anda yang sedang mencari rumah mewah di Kota Solo, silakan menghubungi kontak kami.